IKAFE Harus Membawa Banyak Kemaslahatan

IKAFE Harus Membawa Banyak Kemaslahatan

Joni Iszunaji mendapat ‘tugas’ baru dari para sohibnya alumni Fakultas Ekonomi Unissula selepas pelaksanaan acara “Temu Kangen Alumni FE Unissula 2016” Minggu 3 Januari 2016 lalu. ‘Tugas’ baru itu adalah memimpin  organisasi alumni yang bernama IKAFE Unissula. Secara aklamasi alumni FE Unissula angkatan 1984 yang banyak berkiprah  diberbagai organisasi profesi dan sosial di Jawa Tengah itu dipilih menjadi Ketua Umum IKAFE Unissula periode  2016-2020.

Joni sendiri mengaku tidak tahu, apa yang menjadi pertimbangan rekan-rekannya memilih dia menjadi ‘komandan’nya IKAFE Unissula. “ Ya, saat itu di lingkunan internal di kampus saya dituakan sehingga dipandang pas  sebagai ketua Umum. Ya…, akhirnya saya terima amanah tersebut” papar Joni perihal penunjukkan diirinya sebagai Ketua Umum IKAFE Unissula periode pertama ini.
Meski  oganisasi sosial menurut Joni, IKAFE Unissula harus diekola secara profesional dan kaidah menajemen modern  seperti organisasi di komunitas bisnis atau profesi lain.
“IKAFE Unissula harus dikelola dengan menajemen modern, dengan mengedepankan akutanbilitas dan transparansi. IKAFE Unissula harus membawa kemaslakatan bagi banyak orang “ tandasnya.
Oleh karenanya semua person yang menjadi pengurus setelah dilantik  (Sabtu 30 Januari -2016,  red) terang Joni lebih lanjut,  untuk  benar-benar bersedia ‘mewakabkan’ sebagian hidupnya (baik itu waktu, finansial atau yang lainnya) untuk keberlangsungan organisasi alumni tersebut.
Joni menegaskan IKAFE bukan wadah tempat nongkrong, apa lagi untuk tempat sembunyi. IKAFE adalah wadah untuk berjuang untuk kemaslakatan banyak orang. Maka bagi yang tidak  siap berjuang atau tak bisa berkontribusi untuk organisasi ya sebaiknya mundur saja , sehingga tempatnya bisa diisi oleh alumni yang lain yang siap berkontribusi.
“Jadi tidak perlu  harus menungu sampai kepengurusan habis, dan ini berlaku untuk semua level pengurus. Tak kecuali pada posisi ketua Umum. Kalau dilihat sudah tidak bisa berkontribusi ya harus segera diganti “ jelasnya.
.
Jadi Ruh
Lebih lanjut Joni mengungkapkan dalam menyusun  program kerja IKAFE Unissula, ia tidak akan membuat program yang muluk-muluk, melainkan yang simple tapi terukur. Menurutnya penguatan program IKAFE Unissula ada pada tiga bidang yaitu program kerja, organisasi dan pendanaan .
“Tiga bidang ini adalah ruh nya organisasi termasuk IKAFE Unissula. Kalau bisa berjalan maka organisasi ini akan solid dan diterima oleh masyarakat baik di lingkup internal maupun eksternal”  terang Joni.
Di bidang  program kerja misalnya, program yang akan dilaksanakan dalam waku dekat adalah  melanjutkan kemitraan program pemberdayaan mayarakat dan pengentasan kemiskinan yang sudah dirintis Unissula dengan Kementerian Sosial RI atau kementerian lainnya.
Menurut Joni, pilihan melakukan kemitraan dengan pemerintah dalam melaksanakan program utamanya karena pertimbangan program pemerintah lebih riil, datanya valid dan sudah lewat survei  akurat. Dari segi dukungan pendanaan juga lebih siap.
“ Jadi kalau kita membuat progam dengan mengandeng pemerintah, dengan cara kita  mendampingi merupakan pilihan tepat “ terang Joni.
Sedang program jangka panjang  adalah melakukan analisa dan evaluasi program kerja yang telah dilakukan masing-masing bidang dalam kurun waktu enam bulan. Sehingga akan dapat diketahui sejauh mana tingkat keseriusan kinerja pengurus dan capaian-capaian yang diperoleh.
Di bidang organisasi menurut Joni, adalah pembentukan koordinator anggkatan yang beraggotakan 3-5 orang. Kemudian juga koordintaor wiyalah, termasuk  untuk koordinator alumni di luar negeri.
Menuru Joni program yang disusun itu bukan muluk-muluk. Kalau alumni tak diurusi berarti bidang organisasi tidak jalan. Oleh karenanya jumlah pengurus semakin banyak semakin baik.
“ adi Kepengurusan bisa 100-200 orang tak masalah. Karena ini organisasi sosial tanpa cost untuk SDM (beda dengan organisasi  perusahaan, yang segi efisiensinya sangat ditekankan). Dengan semakin banyak pengurus yang terlibat, maka akan terjadi percepatan dalam penanganan program. Dari situ akan kelihatan manfaatnya “paparnya..
Fundraising
Dibagian lain dijelaskan Joni bidang pendanaan menjadi bagian yang ikut mentukan. Semua 0ganisasi tak bisa dilepaskan dari pendanaan. Untuk itu semua bidang IKAFE  harus membuat  rencana anggaran kegiatan sehingga Cash flow anggaran organisasi bisa diketahui.
Sumber dana dicari dari mana ? Pengurus harus kontribusi aktif, sesuai dengan kemampuan tidak ada paksaan. Sudah terbukti dalam pengumpulan dana  saat pelaksana temu alumni, kekurangan dana  bisa ditutup secara spontan.
Kontribusi bisa dilakukan perbulan atau tahun. Untuk itu akan dibuat rekening di beberapa bank konvensional maupun syariah.Kalau masyarakat/ alumni percaya apa yang dilakukan pengurus mareka akan dengan senang hati mau berkontribusi. Perlu dicatat alumni itu memiliki nial kejuangan yang tinggi. Ini bisa dilihat pada alumni di PT besar di Indonesia. Untuk alumni yang belum aktif  akan kami disentil.
Di luar iuaran pengurus dan alumni, penggalian dana juga akan dilakukan melalui kegiatan usaha yang dilakukan IKAFE Unissula, misalnya melalui kegiatan usaha CV dan PT yang dibentuk pengurus. (bangsar-01)

/ berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.