KIPRAH YANG LEBIH RIIL SUDAH MENUNGGU

KIPRAH YANG LEBIH RIIL SUDAH MENUNGGU

PERHELATAN reuni akbar Fakultas Ekonomi Unissula lintas angkatan 2016 yang digelar di aula Gedung FE Unissula, Jl. Raya Kaligawe Semarang, Minggu 3 Januari 2016 lalu, berlangsung semarak dan penuh makna.

Acara yang dikemas dalam bentuk “Temu Kangen Alumni FE 2016 tersebut, selain jadi  ajang silahturahim para alumni lintas angkatan, tapi juga berhasil mencatatkan ‘sejarah’ baru penting yang  bakal menjadi pananda kiprah dan perjalanan para ‘okonom-okonom’ dari Kampus Kaligawe di kelak kemudian hari. ‘Sejarah’ yang ditorehkan itu adalah lahirnya wadah organisasi para alumni yang bernama IKAFE (Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi) Unissula.

Seperti yang diungkapkan salah satu alumni FE 1982  Joni Inzunaji, kiprah alumni Unissula sudah berkibar tinggi baik di level regional, nasional maupun di tingkat internasional.

Ia mencontohkan (Unissula) Semarang tahun lalu sudah bisa membawa kegiatan dari Kementerian Sosial dan menurunkan anggaran sebesar 1,3 milyar rupiah. Digunakan untuk membantu orang miskin 15 kabupaten Desa Binaan Unissula di Jawa Tengah.
Melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unissula dan Menteri Sosial, dari 12 fakultas yang ada di Unissula semuanya turun langsung ke desa .

Joni menambahkan Desa Binaan tersebut ada dari kabupaten Jepara, Demak, Kendal, Semarang, dan 11 desa lainnya yang mana tiap-tiap rumah mendapat bantuan sebesar 10 juta ditambah program bedah rumah.

“Unissula merupakan salah satu dari 14 Perguruan Tinggi yang ditunjuk Kementerian sosial, dan dananya paling awal cair. Insya Allah tahun ini ditargetkan cair sebesar 5-6 milyar rupiah lagi ,” ujar Joni.

Sekitar 300 alumni FE yang hadir, terdiri dari angkatan sebelum tahun 1980 sampai di atas tahun 2000. Dalam acara ‘Temu Kangen Alumni FE Unissula’ ini dihadiri Rektor Unissula,Anis Malik Thoha, Lc., MA., PhD.

Dalam sambutannya Rektor Unissula mengaharapkan kegiatan ini bisa membawa manfaat yang sebesar-besarnya pada alumni dan almamater, terutama sumbangsih sejarah Unissula.
Rektor Unissula dalam sambutannya juga sempat memperkenalkan bahwa setelah sekian puluh tahun, ada alumni FE tahun 1965 yang masih bisa menghadiri acara ‘Temu Kangen Alumni’ ini. “Beliau adalah Drs. Ali Alatas, masih bisa menyaksikan Unissula sampai pada saat ini. Semua pihak Unissula mendapatkan kemajuan yang luar biasa dari yang awalnya ada dua fakultas pada tahun 1962, dan hingga kini sudah ada 12 fakultas,” terang Anis .

Selaku pimpinan yang diamanati menjabat tahun 2015-2018, Anis sangat menyambut dengan gembira acara ini, pihaknya berharap “Temu Kangen” ini bisa berlanjut dan memberikan kontribusi yang berarti, berupa material dan spiritual dan bisa dirasakan oleh sivitas akademika serta masyarakat sekitar Semarang hingga Jawa Tengah.

“Apabila dihitung secara kalender hijriyah, Unissula sudah berusia 55 tahun. FE ada sejak awal Unissula berdiri. Selama perjalanannya tentu ada pasang dan surut (up and down). Pengalaman senang dan susah telah dirasakan FE Unissula. FE telah banyak makan asam garam.

Temu alumni dapat melengkapi pengalaman FE selama ini. Dari sekian puluh ribu alumni, saya yakin semestinya ada aspek positif yang sangat membanggakan almamater,” terang Anis.

Menurut Anis, sumbangsih para alumni Unissula bisa dirasakan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Pihaknya berharap, alumni Unissula menjadi duta besar almamater maupun almamater secara luas.

“Alumni Unissula bisa membawa pesan dan misi dari almamater dan mampu membesarkannya secara luas,” imbuh Anis. Anis juga mengapresiasi Dekan FE, Olivia Fahrunnisa., Ph.D yang saat ini sebagai pejabat alumni Unissula atas fasilitas dan jerih payah mempertemukan alumni FE Unissula.

Hal senada juga disampaikan Dedy Rusdi., SE, M.Si selaku Ketua Panitia bahwa kegiatan ini bisa memberikan sumbangsih yang besar terhadap FE, dalam Forum Ikatan Fakultas Ekonomi untuk membentuk program kerja.

“Semoga alumni terus berbuat baik, berakhlak mulia sehingga bisa sukses di masa yang akan datang,” harap Dedy. (bangsar/01)

/ berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.